CLOSE
Article Image -

Article

5 Tips Membuat Content marketing yang Menarik


Sharing:

5 Tips Membuat Content marketing yang Menarik

 

Dalam dunia digital marketing, salah satu hal yang diperlukan untuk kemajuan bisnis yaitu content marketing. Menurut Content Marketing Institute, content marketing adalah proses membuat dan menyebarkan konten yang relevan, bernilai, dan konsisten untuk menjangkau target audiens dengan tujuan meningkatkan konversi.

Dengan mengingat pandemic masih berlangsung hingga saat ini, maka digital marketing dan content marketing menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Melalui content marketing yang menarik akan menciptakan hubungan yang baik antara brand dengan para audiensnya.

Content marketing memiliki manfaat jangka panjang, maka pembuatan content marketing membutuhkan perencanaan yang matang. Bagaimana caranya?

Berikut merupakan beberapa tips dalam membuat content marketing:

1.     Menentukan tujuan content marketing

Hal ini merupakan yang paling penting dalam membuat content marketing karena dapat disesuaikan dengan visi misi serta value suatu perusahaan. Adapun tujuan content marketing yaitu dapat berupa awareness, traffic, sales, dan lainnya. Tujuan yang berbeda akan menghasilkan content marketing yang beda pula. Dengan menentukan tujuan content marketing, maka pembuatan strategi perusahaan akan menjadi lebih mudah.

2.     Mengetahui target market

Untuk mendapatkan audiens yang tepat, maka perlu mengetahui target market terlebih dahulu. Adapun target market dapat diklasifikasikan mulai dari jenis kelamin, usia, pendidikan, lokasi, hingga pendapatan seseorang. Dengan mengetahui target market, maka pembuatan content marketing dapat disesuaikan dengan baik.

3.     Mengikuti tren terkini

Tujuan dengan mengikuti tren terkini yaitu agar brand selalu up to date sehingga dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

4.     Membuat konsep yang menarik dan informatif

Membuat konsep yang unik, lucu dan menarik dapat mendatangkan interaksi dan engagement. Sedangkan membuat konsep yang informatif untuk mendatangkan awareness, membangun kepercayaan brand hingga meningkatkan penjualan.

5.     Melakukan analisa dan evaluasi

Melakukan analisa dalam pembuatan content marketing yaitu bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pada content marketing tersebut. Sedangkan adanya evaluasi yaitu untuk memperbaiki serta improvisasi suatu content marketing.

 

Content marketing dapat diterapkan pada bisnis kecil, menengah maupun yang sudah besar. Selain itu, content marketing juga memiliki pengaruh besar dalam memberikan informasi dan mempersuasi audiens hingga terjadinya pembelian. Tuangkan juga ide ide yang fresh dalam content marketing agar audiens tidak merasa jenuh.

Penyampaian message pada content marketing harus sama (inline), baik di social media, situs website, iklan yang berjalan, serta di media lainnya.

Lalu, bagaimana kita mengetahui kalau content marketing tersebut sudah sesuai atau masih perlu improvisasi?

Yuk, segera konsultasi dengan Art Digital.

See you!

We are ART Digital

A = Artistic (seni, kreatif adalah bagian dari kami)

R = Reliable (belasan tahun pengalaman kami di bidang digital)

T = Trusted (kami menjaga setiap privacy data klien-klien kami)