CLOSE
Article Image -

Article

Apa itu Digital Marketing?


Sharing:

Apa itu Digital Marketing?

Di era serba digital sekarang, begitu banyak perusahaan yang mulai memasarkan produk atau jasa mereka menggunakan media digital. Aktivitas pemasaran digital ini juga dikenal dengan istilah Digital Marketing. Dengan Digital Marketing, perusahaan dapat melangsungkan aktivitas pemasaran langsung kepada audiens yang sesuai dengan target market mereka.

Manfaat Digital Marketing untuk perusahaan:

1.     Membangun dan menjaga relasi dengan konsumen

2.     Aktivitas pemasaran yang dapat langsung menargetkan audiens yang sesuai dengan target market perusahaan

3.     Potensi meningkatkan profit perusahaan

4.     Hasil performa digital marketing yang dapat dilacak dan akurat

5.     Meningkatkan kredibiltas perusahaan

 

Ada 7 jenis Digital Marketing yang paling sering digunakan:

1.     Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization, atau optimasi mesin pencari adalah suatu metode sistematis yang dilakukan untuk menempatkan website agar mendapatkan peringkat teratas di Search Engine Result Page (SERP), atau halaman hasil pencarian. Semakin tinggi peringkat website di halaman hasil pencarian, semakin tinggi probabilitas orang akan membuka website perusahaan.

 

2.     Search Engine Marketing (SEM)

Seperti SEO, SEM bertujuan untuk menempatkan website agar mendapatkan peringkat teratas di SERP, namun dengan cara berbayar (mengiklankan website perusahaan). Metode ini paling sering digunakan di Search Engine seperti Google dan Bing.

 

3.     Pay-per-Click (CPC)

Sebuah metode dimana perusahaan hanya membayar biaya periklanan apabila ada orang yang meng-klik iklan mereka. Metode ini biasanya digunakan di platform seperti Google, Facebook dan Instagram. Tujuan dari penggunaan metode CPC ini adalah untuk menunjang traffic website perusahaan. Selain itu, CPC juga dapat digunakan untuk mendukung jalannya campaign perusahaan, dimana perusahaan dapat mengiklankan halaman campaign tersebut untuk menarik audiens untuk berpartisipasi di campaign tersebut.

 

4.     Social Media Marketing

Teknik pemasaran yang menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Aktivitas pemasaran di sosial media dapat berupa membangun dan meningkatkan Brand Awareness perusahaan, membangun interaksi antara prospek/pelanggan dengan perusahaan, dan sebagainya.

 

5.     Email Marketing

Banyak digunakan oleh perusahaan besar, email marketing bertujuan untuk mengirimkan konten promosional perusahaan kepada pelanggan atau calon pelanggan via email. 

 

6.     Influencer Marketing

Seperti namanya, jenis marketing ini mengandalkan influencer atau artis untuk memasarkan produk / jasa perusahaan kepada masyarakat. Perusahaan dapat bekerja sama dengan influencer yang dikenal sebagai seorang ahli di industri perusahaan tersebut.

 

7.     Content Marketing

Content Marketing adalah teknik marketing yang berfokus dalam menciptakan dan membagikan konten informatif, relevan dan konsisten untuk menarik perhatian audiens yang dituju. Teknik marketing ini juga bertujuan untuk menjaga relasi dengan audiens dalam waktu yang lama. Blog, video dan podcast adalah contoh Content Marketing yang paling sering digunakan.

Demikian manfaat dan jenis-jenis Digital Marketing yang dapat digunakan oleh bisnis kamu. Kamu juga bisa menghubungi ART Digital untuk mengkonsultasikan strategi Digital Marketing yang cocok untuk bisnis kamu.

 

Hubungi kami:

info@artdigital.co.id

www.artdigital.co.id

08170033798