CLOSE
Article Image -

News

Trend Digital Marketing 2024 Untuk Bangun Kepercayaan Brand


Sharing:

 

Trend Digital Marketing 2024 Untuk Bangun Kepercayaan Brand

 

Tahun 2024 menjadi babak baru dalam perjalanan dunia digital marketing. Sebuah era di mana setiap gerak dan keputusan diwarnai oleh dinamika yang tak kenal batas. Dalam era yang dipenuhi dengan inovasi dan teknologi, dunia digital marketing menjadi medan yang terus berubah dan berkembang. Perubahan-perubahan tersebut tidak hanya dipicu oleh perkembangan teknologi, melainkan juga oleh tren terkini dan perubahan perilaku konsumen yang terus berlangsung.

Digital marketing memiliki peran krusial dalam mengubah cara brand berinteraksi dengan audiensnya. Seiring dengan perkembangan yang terus berlangsung, ada beberapa aspek utama yang akan mengalami perubahan.

Ragam Strategi Inovatif Untuk Tren Digital Marketing 2024

1.     Pengadopsian AI (artificial intelligence) dalam dunia digital

Penggunaan kecerdasan buatan atau AI di dunia digital semakin populer, AI dapat membantu dalam berbagai aspek, mulai dari produksi konten, segmentasi audiens, hingga analisis sentimen publik terhadap suatu brand. Selain itu, kecerdasan buatan juga berperan dalam meningkatkan customer engagement melalui penggunaan chatbot atau teknologi serupa, memungkinkan perusahaan untuk menganalisis data konsumen dengan lebih akurat, menyempurnakan targeting, dan mengotomatisasi beberapa aspek dari strategi pemasaran.

2.     Story telling dengan konten “Humanis”

Tren digital marketing 2024 selanjutnya ialah adalah menceritakan kisah dengan konten "Humanis”. Konten yang menekankan sisi kemanusiaan, seperti nilai-nilai, kisah sukses, dan tantangan, dapat membentuk koneksi yang lebih mendalam dengan audiens. Ini tidak berarti mengesampingkan SEO, namun dapat menggunakan tone of voice yang terasa seperti sedang berbicara dengan audiens.

3.     Pemasaran Immersive dan interactive

Pemasaran immersive adalah konsep marketing 6.0, dimana online dan offline menyatu tanpa batasan. Seperti virtual reality (VR), augmented reality (AR) dan 3D Design. Sedangkan pemasaran interactive adalah komunikasi 2 arah antara perusahaan dan konsumen, biasanya melalui media digital seperti situs website, media sosial, atau aplikasi mobile. Sehingga perusahaan (brand) dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh para konsumennya.

4.     Hyper-personalization

Hyper-personalization dalam pemasaran menunjukkan bahwa pesan yang disampaikan autentik. Untuk melakukannya dengan baik, diperlukan: buyer persona, strategi konten yang matang, dan data yang relevan. Dengan ini, brand dapat membuat hyper-personalization yang sesuai dengan perjalanan pengguna konsumen (pemasaran difokuskan pada karakteristik individu, kebutuhan dan keinginan pelanggan).

5.     Penggunaan media sosial

Media sosial tetap menjadi platform penting untuk berinteraksi dengan audiens. Strategi pemasaran yang terintegrasi dengan platform media sosial, termasuk penggunaan iklan berbayar, kolaborasi dengan influencer, dan konten yang relevan, dapat membantu meningkatkan kehadiran brand.

6.     User-generated content (UGC)

User-generated content (UGC) memberikan audiens pengalaman atau kisah asli dari konsumen setelah menggunakan produk brand tersebut. Pengalaman ini lebih dipercaya oleh audiens secara umum. Jenis kontennya beragam, mulai dari gambar, video, ulasan, testimonial, hingga podcast. Popularitas UGC terletak pada keasliannya, di mana orang-orang memberikan pendapat asli tentang produk, membangun keterkaitan dengan audiens, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kehadiran dan kepercayaan terhadap brand.

 

7.     Memantau competitor

Memahami pesaing atau competitor adalah bagian penting dari strategi pemasaran. Selain memantau perkembangan competitor, diperlukan juga pemahaman terhadap tren industri, taktik pemasaran yang efektif, dan penyesuaian strategi berdasarkan perubahan pasar. Dengan menggabungkan elemen-elemen ini, perusahaan atau brand dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka untuk menjawab tantangan dan peluang yang muncul dalam dunia digital pada tahun 2024.

Kesimpulan

Dalam menghadapi beragam tren pemasaran digital tahun 2024, penting untuk memanfaatkan teknologi dan memahami perubahan tersebut guna menarik minat audiens atau konsumen. Brand perlu menyadari setiap perubahan di ranah digital, terutama di bidang Pemasaran Digital, dengan mengadopsi taktik pemasaran yang efektif dan menyesuaikan strategi untuk membangun kepercayaan suatu brand.

ART Digital sebagai Digital Marketing Agency memiliki peran penting dalam memberikan inovasi, perubahan dan dampak positif di dunia digital. Mulai dari strategy, riset, analisa, survei, yang menghasilkan konten, campaign, ads, seo, branding, video, hingga O2O (online to offline). Brand memerlukan positioning dan differentiation untuk dapat membentuk brand image di hati konsumennya. Disinilah peran kami, Art Digital untuk memberikan konsultasi, solusi hingga implementasi.

Untuk konsultasi terkait digital marketing untuk brand Anda, yuk kontak kami. Kami siap mendengarkan dan membantu bisnis Anda berkembang di dunia digital.

Yuk, segera konsultasikan dengan Art Digital.