CLOSE
Article Image -

Article

Rebranding atau Brand Refresh?


Sharing:

Dalam marketing ketika suatu brand mengubah logo, desain ataupun tagline, biasanya dikenal dengan rebranding. Akan tetapi, hal tersebut sebenarnya adalah bagian dari brand refresh. Sebetulnya, apa perbedaan dari rebranding dan brand refresh?

 

Rebranding merupakan perubahan total suatu brand melalui perencanaan strategi dan riset mandalam. Dengan melakukan rebranding, brand memulai membentuk identitas brand dari awal kembali.

 

Sedangkan brand refresh merupakan proses pendefinisian ulang citra brand melalui perubahan visual, warna, brand tagline atau penawaran. Brand refresh dapat menjadi suatu taktik bagi suatu brand agar dapat mengikuti tren pasar melalui penampilan baru.

 

Perbedaan mendasar dari rebranding dan brand refresh adalah:

 

Rebranding:

  1. Membuat kepribadian baru
  2. Merubah positioning pada pasar yang berbeda
  3. Mengubah visual atau image secara keseluruhan

 

Brand Refresh:

  1. Memperbaharui slogan
  2. Mengubah logo atau visual desain
  3. Menggunakan font dan pallet warna baru

 

Penting untuk brand melakukan perubahan untuk menunjang brand agar dapat bersaing dan mengikuti tren pasar. Melalui Brand Refresh dapat menjadi salah satu strategi untuk membangun brand Anda semakin modern dan juga mencerminkan bahwa brand Anda tetap kompetitif dalam bidang bisnis.